Bencana gempa bumi dapat menyebabkan dampak besar, terutama di daerah dengan kesiapsiagaan yang rendah. Kesiapsiagaan bencana penting untuk tanggapan cepat dan pemulihan. Anak sekolah dasar berperan dalam mengurangi risiko gempa bumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan kesiapsiagaan bencana gempa bumi pada siswa SDN 2 Sokaraja Kulon menggunakan metode school watching. Penelitian kuantitatif ini mengumpulkan data melalui kuesioner dengan 32 responden yang dipilih secara total sampling. Hasil menunjukkan, sebelum intervensi, 20 responden berada pada kategori pengetahuan rendah, 8 pada kategori pengetahuan cukup, dan 4 pada kategori pengetahuan tinggi. Setelah intervensi, 27 responden berada pada kategori pengetahuan tinggi, 2 pada kategori pengetahuan cukup, dan 3 pada kategori pengetahuan rendah, dengan rata – rata pre – test 55 dan setelah dilakukan edukasi menggunakan metode school watching mendapatkan rata – rata nilai post – test 88
Copyrights © 2024