Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 4 No 1 (2017): Deiksis Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Penggunaan Pembelajaran Pemberian Tugas ( Foxfire ) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Eksposisi

Sigit Widiyarto (Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial Universitas Indraprasta Pgri Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 May 2017

Abstract

Keterampilan menulis sangat penting bagi siswa sekolah menengah. Keterampilan menulis mempunyai peranan yang penting pada siswa SMP. Namun tingkat penguasaan keterampilan menulis siswa SMP masih rendah dan guru pun masih menggunakan pembelajaran yang kurang tepat, sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas penggunaan pembelajaran pemberian tugas dan pengaruh penggunaan metode pembelajaran pemberian tugas pada keterampilan menulis eksposisi. Penelitian ini memakai rancangan eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding (The One Group Pratest Posttest). Subyek penelitian yakni siswa SMP Tashfia dengan sampel data sebanyak 25 siswa. Data diolah dengan  SPSS 22.  Hasil penelitian menunjukkan pada, Uji  Normalitas, Homogenitas dan T Sampel Berpasangan dengan tingkat signifikan α =5%, Hasil uji normalitas  menunjukkan hasil Kolmogorov - Smirnov (KS) kelompok nilai 1 (sebelum pembelajaran), nilai Sig. sebesar 0.200 dan kelompok nilai 2 (sesudah pembelajaran) nilai Sig.0.121 > 0.05, maka data berdistribusi normal. Pada Uji Homogenitas nilai Levene ditunjukkan pada baris Nilai based on Mean, yaitu 0,314 dengan p value (sig) sebesar 0,578 di mana > 0,05 yang berarti terdapat kesamaan varians antar kelompok atau yang berarti homogen. Pada hasil Shapiro-Wilk (SW) kelompok nilai 1 (sebelum pembelajaran), nilai Sig. sebesar 0.441 dan kelompok nilai 2 (sesudah pembelajaran) nilai Sig.0.053 > 0.05, dapat disimpulkan pada tingkat kepercayaan 95%, rata-rata setelah perlakuan dengan memakai pembelajaran pemberian tugas (mean sebesar 74.8000 ) dibanding sebelum memakai media ( mean sebesar 59.8400 ), naik sebesar. Dengan kata lain, pemakaian media boneka tangan berpengaruh signifikan pada tingkat kepercayaan 95%. Penelitian ini memberikan saran untuk mengatasi masalah yang ditemukan dalam penelitian.            Kata kunci: Metode pembelajaran, Pemberian Tugas dan Keterampilan menulis eksposisi

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Deiksis

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian tentang sastra Indonesia, Â pengajaran dan pembelajaran dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menerima publikasi dari ...