Komunikatif : Jurnal Ilmiah Komunikasi
Vol. 4 No. 2 (2015)

Sikap Penonton Remaja Surabaya Mengenai Peringatan Bahaya Merokok 2014 Pada Iklan di Medium Televisi

Yohanes Christian (Unknown)
Yuli Nugraheni (Unknown)
Judy Djoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bagaimana sikap dari penonton remaja Surabaya terhadap iklan peringatan bahaya merokok tahun 2014 di televisi yang tidak hanya berupa tulisan, namun juga berupa gambar dari akibat merokok. Teori utama yang terdapat pada penelitian ini ialah teori SOR (Stimulus-Organism-Response) dimana stimulus dalam penelitian ini ialah iklan peringatan bahaya merokok 2014, organism adalah remaja Surabaya yang menonton iklan peringatan bahaya merokok di televisi, dan response adalah sikap dari penonton remaja Surabaya mengenai peringatan bahaya merokok 2014 di media televisi. Sikap memiliki tiga indikator, yaitu kognitif, afektif, dan konatif. Peneliti menggunakan metode survei untuk penelitian secara kritis dengan mendapatkan keterangan yang tepat dari penonton remaja Surabaya terhadap iklan peringatan bahaya merokok 2014 di televisi. Informasi yang dikumpulkan dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada penonton remaja Surabaya yang dikategorikan sebagai perokok, tidak merokok, dan berhenti merokok. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa sikap penonton remaja Surabaya memiliki kecenderungan yang positif atau tinggi terhadap iklan peringatan bahaya merokok 2014, dimana sikap kognitif memiliki kecenderungan yang positif atau tinggi, afektif memiliki kecenderungan yang positif atau tinggi, dan konatif memiliki kecenderungan yang positif atau tinggi.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

KOMUNIKATIF

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Komunikatif is issued by Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya since 2012. Komunikatif is a peer-reviewed journal. Komunikatif publishes an article from selected topics in communication studies; those are media studies, public relations, and human communication. ...