Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian skincare Skintific melalui Shopee di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif. Sampel terdiri dari 110 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar, yang dipilih menggunakan rumus Malhotra. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari kuesioner terkait masalah yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan melalui distribusi kuesioner, observasi dan studi dokumentasi. Sumber data mencakup data primer dan sekunder. Metode analisis data yang diterapkan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, serta pengujian hipotesis menggunakan SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan variabel electronic word of mouth (X1) melalui uji t diperoleh t hitung 8,575 > t tabel 1,984 dengan tingkat signifikansi 0,001, dan variabel kualitas produk (X2) diperoleh t hitung 9,497 > t tabel 1,984 dengan tingkat signifikansi 0,001. Maka d apat disimpulkan variabel electronic word of mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, begitupun variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian skincare Skintific melalui Shopee di FEB Universitas Muhammadiyah Makassar.
Copyrights © 2025