Di zaman perkembangan teknologi yang kian pesat saat ini, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menghadapi berbagai kendala dalam menjalankan usaha. Kendala utama yang sering kali dialami adalah dalam bidang pencatatan keuangan dan pemasaran secara digital. Tidak sedikit UMKM yang belum paham sepenuhnya mengenai pentingnya pencatatan keuangan dan pemasaran melalui pemanfaatan teknologi. Salah satunya adalah UMKM Warung Olis yang masih melakukan pencatatan keuangan secara manual dan belum memanfaatkan sepenuhnya media sosial untuk melakukan pemasaran secara optimal. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk membantu UMKM Warung Olis dalam meningkatkan efisiensi pencatatan keuangan dan mengoptimalkan pemasaran melalui media sosial. Metode pendampingan dilakukan melalui observasi awal, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ruang lingkup pembahasan berisi mengenai pemahaman penggunaan aplikasi OlisApp dan pembuatan konten promosi di Instagram. Hasil dari kegiatan pendampingan memberikan dampak yang positif bagi Warung Olis dalam meningkatkan pemahaman akuntansi terutama dengan hadirnya aplikasi OlisApp dan mengetahui cara membuat konten promosi di Instagram yang efektif untuk menarik pelanggan dari mana pun melalui media sosial. Proyek ini menunjukkan bahwa kolaborasi antara tim pelajar dan UMKM dapat menghasilkan manfaat timbal balik antara kedua belah pihak, serta berkontribusi terhadap penguatan kapasitas UMKM secara berkelanjutan
Copyrights © 2025