Pembangunan Bandara Dhoho Kediri merupakan proyek infrastruktur strategis di Jawa Timur yang bertujuan meningkatkan konektivitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi. Salah satu pekerjaan utama dalam proyek ini adalah konstruksi jalan rigid beton, yang memiliki risiko keselamatan kerja tinggi. Kecelakaan kerja di sektor konstruksi dapat berdampak signifikan dari segi sosial dan ekonomi, seperti cedera pekerja, penundaan proyek, serta peningkatan biaya operasional. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi potensi bahaya dan tingkat risiko keselamatan kerja pada pekerjaan jalan rigid beton di Proyek Bandara Dhoho Kediri, menganalisis risiko menggunakan Job Safety Analysis (JSA), serta menyusun rekomendasi mitigasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan campuran (mixed methods), melalui wawancara, observasi, dan survei berbasis skala Likert. Analisis data dilakukan dengan uji validitas Pearson Product Moment, uji reliabilitas Alpha Cronbach, serta analisis risiko menggunakan Matriks Risiko . Hasil penelitian menunjukkan terdapat 39 jenis risiko utama, sebagian besar berkategori tinggi hingga sangat tinggi, termasuk kecelakaan akibat alat berat dan paparan bahan kimia. Penerapan JSA terbukti efektif dalam mengidentifikasi risiko serta menyusun langkah mitigasi seperti penggunaan APD, pelatihan keselamatan kerja, dan inspeksi rutin. Penerapan JSA dapat meningkatkan kesadaran pekerja terhadap keselamatan kerja serta mengurangi kecelakaan konstruksi. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan strategi mitigasi risiko pada proyek konstruksi di Indonesia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025