Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JTIEMB)
Vol. 5 No. 1 (2025): Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis April 2025

Implementasi Manajemen Risiko dalam Pengelolaan Explore Asian Food 2024

Fikri Pratama, Handika (Unknown)
Iqbal, Muhammad (Unknown)
Fitriansyah, Yayan Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai jenis risiko yang muncul dalam penyelenggaraan Explore Asian Food 2024, sebuah acara kuliner berskala internasional yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara semi-terstruktur dengan panitia, peserta, dan pengunjung, serta dokumentasi internal acara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam kategori risiko utama yang memengaruhi keberhasilan acara, yaitu: risiko operasional, risiko keuangan, risiko hukum, risiko keselamatan dan keamanan, risiko reputasi, serta risiko lingkungan. Masing-masing risiko memiliki faktor penyebab spesifik dan dampak yang bervariasi, mulai dari gangguan teknis hingga penurunan persepsi publik. Penelitian ini juga merumuskan langkah-langkah mitigasi strategis yang dapat diimplementasikan untuk meminimalisasi potensi gangguan di masa mendatang, seperti peningkatan koordinasi antartim, penyesuaian perencanaan keuangan, penyusunan SOP darurat, dan penguatan komunikasi publik. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi praktis bagi penyelenggara acara serupa dalam menerapkan manajemen risiko yang holistik dan adaptif. Kata Kunci: manajemen risiko, event management, acara kuliner, Explore Asian Food 2024

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jtiemb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JTIEMB) is a journal to managed of Departement Administration Business, Politeknik Negeri Sriwijaya, for aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and ...