Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 1 No. 6 (2021): EduTIK : Desember 2021

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DIGITAL SISWA SMK

Savio Kojongian (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Alfrina Mewengkang (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Agustinus Takaredase (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Problem Based Learning yang dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah Nonequivalet Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 23 untuk kelas eksperimen dan 23 untuk kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang akan diberikan perlakuan model Problem Based learning, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang tidak diberikan perlakuan khusus. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini dilihat dari uji analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji-t perbedaan dua rata-rata diperoleh t-hitung= 5,72 > t-tabel=2,02 dengan demikian HO ditolak pada taraf nyata 5% dan menerima Ha. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut, sehingga kesimpulannya adalah penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar simulasi digital siswa kelas X SMK Negeri 1 Sinonsayang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering Other

Description

Jurnal Edutik merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado. Jurnal ini hadir sebagai wadah bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkontribusi dalam ...