Fasilitas sekolah berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas sekolah terhadap motivasi belajar siswa di beberapa sekolah menengah pertama dan menengah atas.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling, melibatkan 150 siswa sebagai responden.Data dikumpulkan melalui angket skala Likert dan dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara fasilitas sekolah dan motivasi belajar siswa, dengan koefisien regresi (β) sebesar 0,72 dan nilai determinasi (R²) sebesar 0,58. Ini menunjukkan bahwa 58% variasi dalam motivasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh kualitas fasilitas sekolah.Siswa yang belajar di sekolah dengan fasilitas yang lebih baik menunjukkan tingkat motivasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang belajar di sekolah dengan fasilitas terbatas.
Copyrights © 2025