Pendidikan vokasi diberbagai negara telah mengalami fase mutasi panjang. Kendati telah mengalami fase perkembangan yang cukup panjang pendidikan vokasi terus saja menarik untuk didefinisikan dan direformulasi kembali termasuk diredesain. Dalam arti, isinya terus disesuaikan dan definisinya pun dikembangkan dan disesuaikan dengan misi dan visi pendidikan vokasi suatu bangsa atau negara. Dalam rangka menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan permasalahan diatas, maka untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian dimaksud adalah Untuk mengetahui penyelenggaraan pendidikan vokasi Diploma (D3) ATVI dalam proses belajar mengajar sudah sesuai dengan standar pasar kerja (industri); Untuk mengetahui sampai sejauhmana kemampuan para lulusan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga penguasaan bidang penyiaran televisi menjadi kompeten dalam dunia kerja; dan Untuk mengetahui perubahan-perubahan yang telah dilakukan sehingga dapat menghasilkan capaian pembelajaran berdasarkan aspek sikap, aspek pengetahuan, aspek ketrampilan umum, dan aspek ketrampilan khusus. Untuk dapat menjawab permasalahan dalam penelitian ini, maka metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dalam mengamati, bertanya, menelusuri dan mengabstraksikan (Nana Syaodih Sukmadinata, 2005; P.26). Selain itu, melakukan wawancara mendalam (depth interview), serta menyebarkan kuisioner kepada para alumni ATVI, para user industri televisi dan para Dosen, tujuannya agar mendapatkan masukan yang jelas tentang Link & match terhadap lulusan Diploma (D3) ATVI yang bekerja di Industri televisi. Bahwa para lulusan Diploma (D3) ATVI yang bekerja di industri televisi merupakan jawaban tepat atas kebutuhan tenaga kerja yang memiliki kompetensi dan kualifikasi dalam dunia kerja karena selama perkuliahan didukung struktur kurikulum yang relevan dengan perkembangan dunia industri televisi, baik secara teori maupun praktik. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022