Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 31 BANYUASIN III

Dwi Palantika (Universitas PGRI Palembang)
Sukardi Sukardi (Universitas PGRI Palembang)
Nugroho N.A.D (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2024

Abstract

Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa proses pembelajaran di SDN 31 Banyuasin III yaitu kurangnya contoh secara kontekstual sehingga membuat siswa kurang paham materi sumber daya alam. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi sumber daya alam dan model pembelajaran yang digunakan kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 31 Banyuasin III. Metode penelitian ini menggunakan metode pre-exsperimental design dengan menggunakan rancangan desain one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil didapatkan bahwa rata-rata hasil tes yang tertinggi terdapat pada tes akhir

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...