Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TEKNOLOGI PANGAN SISWA KELAS III SD NEGERI 4 KAYUAGUNG

Salsabila, Salsabila (Unknown)
Andi Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar materi teknologi pangan siswa kelas III SD Negeri 4 Kayuagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantiatif dengan menggunakan eksperimen jenis pre experimental design dengan desain penelitian one-group pretest posttest design. Variabel penelitian variabel independen X = model pembelajaran snowball throwing dan variabel dependen Y = hasil belajar teknologi pangan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 4 Kayuagung yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumetasi. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test yang dilakukan setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji paired simple t-test didapat nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 atau thitung 11.611 > ttabel 2,145. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar materi teknologi pangan siswa kelas III SD negeri 4 Kayuagung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...