Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

MENINGKATKAN PEMAHAMAN SEJARAH MATEMATIKA TERHADAP GENERASI MUDA DENGAN MENGEKSPLORASI ETHNOMATEMATICS TERHADAP BANGUNAN BERSEJARAH DI INDONESIA

Widyastuti, Eri (Unknown)
Trijayanti, Alfina (Unknown)
Harahap, Delviananda (Unknown)
Ananda, Reina Mawar (Unknown)
Jariyah, Salsabila (Unknown)
Kalsum, Umi (Unknown)
Fauziyah , Zuhra (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2024

Abstract

Dalam kehidupan tanpa disadari ternyata berbagai aktivitas yang menggunakan ide serta konsep matematika dasar. Pada kegiatan berbilang dengan mendefinikan suatu angka, kegiatan menimbang (luas, lurus, beban, serta kapasitas), kegiatan berdagang (menghitung untung rugi, menghitung uang receh, dll), kesenian, serta arsitektur bangunan (perumahan tradisional). Tujuan dari penelitian adalah meningkatkan pemahaman sejarah matematika terhadap generasi muda dengan mengeksplorasi ethnomatematics terhadap bangunan bersejarah di Indonesia. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Tanpa adanya kajian teoritis pada draft matematika tersebut, pada pembangunan telah menerapkan konsep-konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga terdapat bukti pola etnografi yang tergambar pada hasil operasi matematika yang telah terorganisir serta maju, yaitu : 1) perencanaan pembangunan Istana Maimun;  2) aktivitas  pembuatan pola ukiran terhadap tembok Istana Maimun; 3) aktivitas pembuatan pola ukiran atap Istana Maimun; dan 4) pola ukiran pada setiap sudut dan pembangunan Istana Maimun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...