Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PERAN IBADAH DALAM MENGATASI KECEMASAN DAN DEPRESI DIKALANGAN GEN-Z BERAGAMA ISLAM

Nasution, Rahmadani (Unknown)
Lubis, Jihan Arrizqi (Unknown)
Putri, Sitiara Aulya (Unknown)
Adella, Wan Adelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran ibadah dalam mengatasi kecemasan dan depresi di kalangan Gen Z Muslim. Dengan meningkatnya kasus gangguan kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi di generasi ini, ibadah dalam konteks Islam dianggap sebagai salah satu bentuk terapi spiritual yang dapat memberikan ketenangan jiwa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui survei daring terhadap 38 responden Muslim Gen Z berusia 15 hingga 25 tahun di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden merasa bahwa ibadah, seperti salat, membaca Al-Quran, dan berdoa, sangat membantu dalam mengurangi tingkat kecemasan dan depresi. Sebanyak 84,2% responden melaporkan bahwa ibadah memberikan ketenangan dan mengurangi tekanan emosional yang mereka alami. Selain itu, 76,3% dari responden menyatakan bahwa ibadah memiliki peran sangat besar dalam mengurangi kecemasan dan depresi mereka. Penelitian ini menekankan pentingnya peran agama dan komunitas keagamaan dalam mendukung kesehatan mental Gen Z Muslim. Meski demikian, keterbatasan jumlah sampel dan metode sampling menjadi kelemahan yang memengaruhi generalisasi hasil penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...