Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TAPA

Rahmat Bansaga (Universitas Negeri Gorontalo)
Lilan Dama (Universitas Negeri Gorontalo)
Mustamin Ibrahim (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2024

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tapa kelas XI 1, ditemukan banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM 75 pada pembelajaran biologi khususnya materi sistem ekskresi. Penyebab utama adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap materi sistem ekskresi karena pembelajaran hanya berfokus pada guru dengan metode ceramah yang tidak melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video interaktif terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa pre-experimental (One Group Pretest-Posttest). Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes yang diolah dengan bantuan software SPSS25. Hasil tes awal berupa pretest memperoleh nilai sebesar 91,94 dan hasil tes akhir berupa posttest memperoleh nilai sebesar 79,17. Hasil pengolahan data menggunakan uji wilcoxon memperoleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil uji N-gain memperoleh nilai sebesar 0.6822 yang termasuk dalam kriteria sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...