Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan minat siswa dengan penerapan model kontekstual menggunakan media flashcard pada mata pelajaran PKn kelas 4 UPTD 1 kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu tahun pelajaran 2023/2024 pada materi hewan di sekitar ku. Hal ini di latar belakangi ada masalah kurangnya penggunaan media dan model pembelajaran sehingga pembelajaran kurang bervariasi dan sangat monoton. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa hasil peningkatan hasil belajar masih rendah belum mencapai KKM dan minat siswa prasiklus kurang baik dengan proses pembelajaran yang monoton tanpa menggunakan media. Siswa yang mencapai KKM hanya 9 siswa. Pada siklus I telah diterapkan penggunaan model dan media pada proses pembelajaran peningkatan hasil belajar ketuntasan sebesar 26,1% atau sebanyak 8 siswa. Pada siklus II meningkat mencapai 81,3% sebanyak 25 siswa yang tuntas melebihi indikator keberhasilan sebesar 80%. Sedangkat minat siswa setelah menggunakan model dan media pada proses pembelajaran siklus I mencapai sebesar 61,7% dengan kriteria baik dan pada siklus II mencapai 82,9% sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa penelitian tindakan kelas dengan penerapan model kontekstual menggunakan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar dan minat siswa pada mata pelajaran PKn kelas 4 SDN 1 Kaplongan
Copyrights © 2024