Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCAPLAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II DI SD NEGERI 064974 MEDAN TEMBUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025

Tarigan, Tiodora Br (Unknown)
Arifin, Muhammad (Unknown)
Nurasiah, Nurasiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan penerapan media pembelajaran educaplay di kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II-A SD Negeri 064974 Medan Tembung Tahun Pembelajaran 2024/2025 sebanyak 24 orang. Prosedur penelitian ini terdiri dari satu Pra-Siklus dan dua siklus tindakan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes evaluasi akhir setiap siklus. Hasil penelitain ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika kelas II dengan menerapkan media pembelajaran educaplay. Dapat dibuktikan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar mulai dari data awal pra-siklus (37,5%), siklus I (45,84%) dan siklus II (87,5%). Adapun besaran peningkatan dari setiap siklusnya dari pra-siklus ke siklus I sebesar 8,34% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 41,7%. Terdapat pula data semua peserta didik mengalami peningkatan untuk setiap siklusnya. Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar dengan penerapan media pembelajaran educaplay di kelas II-A SD Negeri 064974 Medan Tembung tahun pembelajaran 2024/2025

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...