Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan penerapan media pembelajaran educaplay di kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II-A SD Negeri 064974 Medan Tembung Tahun Pembelajaran 2024/2025 sebanyak 24 orang. Prosedur penelitian ini terdiri dari satu Pra-Siklus dan dua siklus tindakan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes evaluasi akhir setiap siklus. Hasil penelitain ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika kelas II dengan menerapkan media pembelajaran educaplay. Dapat dibuktikan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar mulai dari data awal pra-siklus (37,5%), siklus I (45,84%) dan siklus II (87,5%). Adapun besaran peningkatan dari setiap siklusnya dari pra-siklus ke siklus I sebesar 8,34% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 41,7%. Terdapat pula data semua peserta didik mengalami peningkatan untuk setiap siklusnya. Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar dengan penerapan media pembelajaran educaplay di kelas II-A SD Negeri 064974 Medan Tembung tahun pembelajaran 2024/2025
Copyrights © 2024