Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

UPAYA MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DI SDN 067251

Putri, Nadia Salsabila (Unknown)
Nabila, Mutiara Putri (Unknown)
Mutiara, Zahra (Unknown)
Suyono, Suyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi efektivitas permainan tradisional engklek dalam meningkatkan kebugaran jasmani. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung terhadap aktivitas siswa selama permainan berlangsung, wawancara dengan beberapa siswa untuk mendapatkan informasi terkait dampak kegiatan, serta dokumentasi berupa foto-foto selama kegiatan berlangsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pedoman observasi, panduan wawancara semi-terstruktur, dan alat dokumentasi berupa handphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan engklek memberikan manfaat yang signifikan bagi kebugaran jasmani siswa, meliputi peningkatan keterampilan motorik, ketangkasan, kekuatan otot, dan daya tahan tubuh. Melalui aktivitas seperti melompat, berganti kaki, dan menjaga keseimbangan, permainan ini membantu siswa meningkatkan kekuatan otot, terutama pada kaki dan panggul. Selain itu, permainan ini juga melatih daya tahan tubuh dan konsentrasi mental siswa, karena mereka harus bertahan dalam posisi tertentu, seperti berdiri dengan satu kaki.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...