Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kegiatan membatik ecoprint terhadap perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Cemara Islamic Plus Lubuk Pakam.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-experimental design dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel dari penelitian ini sebanyak 15 anak kelas B usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dengan bentuk pernyataan sebanyak 5. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil rata-rata nilai sebelumnya dilakukan kegiatan membatik ecoprint (pre-tetst) dengan sesudah dilakukan kegiatan membatik ecoprint (post-test), yaitu hasil rata-rata nilai sebelum dilakukan kegiatan membatik ecoprint (pre-test) sebesar 9 dan untuk hasil rata-rata sesudah dilakukan kegiatan membatik ecoprint (post-test) sebesar 17. Data tersebut menunjukkan bahwa kegiatan membatik ecoprint memberikan pengaruh terhadap perkembangan kreativitas anak kelas B usia 5-6 tahun di TK Cemara Islamic Plus Lubuk Pakam. Berdasarkan hasil SPSS, nilai signifikansi nilai Asymp.Sig (0,001) lebih kecil dari nilai ? (0,05), sehingga Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikansi melalui kegiatan membatik ecoprint terhadap perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Cemara Islamic Plus Lubuk Pakam.
Copyrights © 2024