Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM DAN BASA DI SMP ISLAM UMMULQURA INDONESIA

Novayanti, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model penerapan Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi dan basa di SMP Islam Ummulqura Indonesia. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun Pelajaran 2023/2024. Adapun metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian pretest posstest control design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Ummulqura Indonesia. Parameter yag diukur pada penelitian ini adalah hasil belajar berupa hasil tes kognitif. Untuk menganalisis perbedaan hasil belajar peserta didik dilakukan dengan uji beda dua rata-rata, dengan uji-t, jenis uji yang digunakan adalah independent simple t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi asam dan basa di SMP Islam Ummulqura Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...