Rendahnya karakter gotong royong di SD Negeri 08 Pontianak Barat dikarenakan peserta didik belum mencapai karakter baik dalam bergotong royong selama kegiatan kelompok dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, seorang guru harus mampu menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter gotong royong peserta didik melalui model Problem Based Learning pada pembelajaran IPAS di Kelas V SD Negeri 08 Pontianak Barat. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi serta dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 08 Pontianak Barat yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian ini diketahui adanya peningkatan karakter gotong royong peserta didik melalui model Problem Based Learning, yaitu adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I masih 53% dan siklus II naik menjadi 84%. Hal ini membuktikan bahwa adanya peningkatan sebesar 31%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan karakter gotong royong peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024