Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI EFEK FOTOLISTRIK UNTUK MEMAHAMI FENOMENA KUANTUM

Srg, Fadila Mutia (Unknown)
Waluyo, Feri (Unknown)
Febriani, Lisa (Unknown)
Syakila, Maysha (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Efek fotolistrik adalah konsep penting dalam fisika fisika yang sering dianggap abstrak oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan efektivitas simulasi berbasis PhET dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap fenomena ini. Metode penelitian deskriptif kuantitatif digunakan, melibatkan lima mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2020 dan 2021. Penelitian meliputi wawancara awal, pre-test, pemberian simulasi, dan post-test. Hasil pre-test menunjukkan pemahaman awal yang rendah dengan skor rata-rata 28 dari 100. Setelah simulasi PhET, nilai post-test meningkat signifikan menjadi rata-rata 57. Simulasi ini membantu siswa memahami hubungan antarvariabel seperti frekuensi cahaya dan energi kinetik elektron. Penelitian ini menyimpulkan bahwa simulasi PhET efektif sebagai media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan pemahaman konsep abstrak dalam fisika fisika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...