Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

OPTIMALISASI PEMAHAMAN KONSEP SUPERPOSISI GELOMBANG CELAH GANDA DENGAN SIMULASI INTERAKTIF PHET

Gustanta, Gustanta (Unknown)
Sari, Nabilla Puspa (Unknown)
Sinaga, Vincen Ision (Unknown)
Rahadis, Zahara Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Mata kuliah fisika kuantum pada materi super posisi gelombang pada celah ganda merupakan materi pada mata kuliah fisika kuantum dalam program gelar pendidikan fisika yang sering dianggap sulit oleh mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana penggunaan simulasi PhET interaktif meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep superposisi gelombang dalam eksperimen celah ganda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif berdasarkan data dari studi lapangan yang dilakukan di salah satu universitas di Medan. Subjek dari penelitian ini yaitu mahasiswa semester 7, dengan jumlah sampel sebanyak 5 mahasisa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Instrument test. Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kesulitan yang dialami mahasiswa terhadap materi ajar Superposisi gelombang pada celah ganda dan alasannya. Berdasarkan hasil pre-tes dan pos-tes, penggunaan Phet dalam pembelajaran Fisika Kuantum memberikan peningkatan pemahaman pada sebagian besar mahasiswa. . Peningkatan ini terlihat dari kemampuan mahasiswa dalam menjelaskan konsep superposisi dan keterkaitannya dengan eksperimen celah ganda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...