Kemampuan passing dalam permainan sepakbola siswa Kelas VII SMP MADANI T.P. 2024/2025 masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran passing dalam permainan sepakbola menggunakan variasi pembelajaran. Sepakbola dalam penelitian ini dibatasi pada teknik passing. Metode yang digunakan adalah `penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP MADANIdengan jumlah siswa 13 orang. Urutan kegiatan penelitian ini mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dalam pengumpulan datanya menggunakan instrumen penilaian ketepatan passing, lembar pengamatan (data observasi), hasil tes siswa dan angket (tanggapan siswa terhadap pembelajaran). Analisis data menggunakan deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata ketepatan passing sebesar 69.72, siswa yang mendapat nilai di atas 70 (KKM) sebanyak 8 siswa atau hanya 61,53%. Sedangkan pada siklus II rata-rata ketepatan passing sebesar 76.92, siswa yang mendapat nilai di atas 70 sebanyak 11 siswa atau sebesar 84,61%. Sehingga hal itu sudah memenuhi target, yaitu 75%. Dapat disimpulkan dengan menggunakan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing kaki bagian dalam permainan sepak bola pada siswa Kelas VII SMP MADANI T.P 2024/2025.
Copyrights © 2024