Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 2 (2025): Volume 8 No. 2 Tahun 2025

MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN PAPAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Ariffudin, Amir (Unknown)
Rahmanuri, Anis (Unknown)
Fauzizah, Ulfa (Unknown)
Faiziyah, Nuqthy (Unknown)
Wulandari, Aprianti Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Kegiatan penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas 5A SD Muhammadiyah 3 Surakarta pada materi pecahan melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan media papan pecahan. Telah banyak studi yang mengemukakan tentang peningkatan kemampuan masalah matematis maupun motivasi belajar namun masih terdapat beberapa kesulitan yang dialami peserta didik seperti kesulitan dalam memecahkan soal cerita dan mengubahnya menjadi model matematika serta rendahnya motivasi dalam belajar dilihat dari peserta didik yang belum siap belajar dengan tidak membawa atau belum mengeluarkan buku matematika, tidak fokus dan tidak memperhatikan guru di kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan tes dan non tes berupa angket. Keseluruhan data kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik meningkat. Persentase ketuntasan motivasi belajar peserta didik pada siklus I sebesar 57,14% kemudian meningkat sebesar 25,00% pada siklus II menjadi 82,14%. Pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik mencapai 57,14% pada siklus I dan terjadi peningkatan sebesar 35,72% menjadi 92,86%%. Peningkatan tercapai setelah peserta didik melalui tahapan-tahapan dari penerapan model problem-based learning berbantuan media papan pecahan dengan beberapa penyempurnaan pada tindakan pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...