Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 2 (2025): Volume 8 No. 2 Tahun 2025

STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA DINI DI RA AL-WASHLIYAH SIPARE-PARE TENGAH

Eka Hamdani, Wiwik (Unknown)
Ismaraidha, Ismaraidha (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi guru dalam menanamkan karakter disiplin anak usia dini di RA Al-Washliyah Sipare-Pare. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, dan anak/siswa. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data sampai kepada penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter disiplin anak usia dini di RA Al-Washliyah Sipare-Pare Tengah dilakukan yaitu dengan beberapa cara. Pertama, guru memberikan pengarahan ataupun pemberitahuan sebelum melakukan kegiatan pembelajaran di kelas, tahap ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak. Kedua, Guru selalu menghargai anak dan memberikan apresiasi berupa pujian, hadiah bagi yang berprestasi atau tepuk tangan sehingga anak merasa lebih percaya diri dan gembira, tahap ini juga bertujuan untuk membangun kepercayaan diri anak. Ketiga, Guru memberikan tepuk-tepuk dan nyanyian untuk mengondisikan anak yang gaduh sehingga anak dalam keadaan tenang untuk menerima pembelajaran. Keempat, Guru memberikan peringatan, teguran, kemudian pengertian kepada anak yang tidak patuh pada aturan. Kelima, Guru menerapkan recalling sebelum pulang sekolah yang bertujuan agar anak mampu mengingat dan menjadikan peringatan yang diberikan oleh guru sebagai pelajaran untuk tidak akan mengulangi kesalahan yang sama di lain waktu

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...