Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 2 (2025): Volume 8 No. 2 Tahun 2025

MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK MELALUI KEGIATAN BERCERITA DI RA AISYIYAH SIMPANG EMPAT MERBAU

Sumiati, Sumiati (Unknown)
Ismaraidha, Ismaraidha (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menumbuhkan kepercayaan diri anak usia dini melalui metode bercerita di RA Aisyiyah Simpang Empat Merbau. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan keadaan yang sebenarnya yang terjadi di lapangan. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu guru dan peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukann secara kualitatif dengan menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi, display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menumbuhkan kepercayaan diri pada anak dapat dilakukan dengan menerapkan metode bercerita. Penerapan metode bercerita dilakukan guru di RA Aisyiyah Simpang Empat Merbau denganlangkah-langkah sebagai berikut: (1) pemilihan tema, hal ini agar guru mudah dalam menerapkan metode cerita yang akan dilaksanakan, guru akan menyesuaikan dengan tema yang telah ditentukan terlebih dahulu, (2) pembuatan teks, hal ini dapat memudahkan guru dalam menerapkan metode dan dapat pula dalam pembelajaran metode cerita dengan menggunakan imajinasi guru bercerita dengan kenyataan yang ada dalam arti guru dapat bercerita dengan mengarang dan pembuatan alat peraga, hal ini dilakukan bahwasannya agar guru mempersiapkan bahan untuk metode cerita sehingga dapat meningkatkan kemampuan kepercayaan diri anak dan anak tidak merasa bosan atau jenuh dalam penerapan metode cerita di kelas maupun di luar kelas, (3) menggunakan alat peraga, hal ini bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam memahami cerita yang disampaikan oleh guru sehingga peserta didik dapat memvisualisasikan dengan bangtuan alat peraga yang dirancang oleh Guru

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...