Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 2 (2025): Volume 8 No. 2 Tahun 2025

PENGARUH PENGGUNAAN AI TERHADAP EFISIENSI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2024 DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Ambarita , Charles Fransiscus (Unknown)
Hutabarat, Apriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2025

Abstract

Keberadaan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah berhasil mengubah pandangan berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Penggunaan AI terhadap Efisiensi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei melalui penyebaran kuesioner berbasis google form sebagai instrumen utama Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Medan stambuk 2024 dengan jumlah sampel sebanyak 49 mahasiswa yang dipilih melalui teknik total sampling atau pengambilan sampel keseluruhan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI memiliki dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan efisiensi belajar siswa yang dibuktikan dari perolehan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel Penerapan AI dalam kegiatan pembelajaran terbukti mampu mempercepat akses informasi, menyesuaikan materi dengan kebutuhan individu, serta membantu siswa dalam mengelola waktu secara lebih efektif Oleh karena itu, AI dapat dipandang sebagai inovasi pendidikan yang berkontribusi besar dalam mendorong proses pembelajaran yang lebih berkualitas dan efisien

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...