Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran tomat dan untuk mengetahui margin pemasaran tomat di Desa Manimbahoi Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Manimbahoi Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai bulan Desember 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah petani berjumlah 6 orang, pedagang Pengumpul 4 orang, dan pedagang pengecer 2 orang dimana semua populasi dijadikan sampel penelitian dengan menggunakan metode Purposive Sampling, analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis margin pemasaran. Saluran Pemasaran pada pemasaran Tomat yaitu Saluran I Produsen – Pedagang Pengumpul – Konsumen, sedangkan Saluran II yaitu Produsen – Pedagang Pengumpul – Pedagang Pengecer – Konsumen. Margin pemasaran saluran pemasaran pertama tertinggi sebanyak Rp 3.000 sedangkan margin pemasaran saluran kedua sebanyak Rp 3.500. Efisiensi pemasaran pada tiap saluran yang terdapat pada pemasaran tomat di Desa Manimbahoi Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa yaitu Saluran I 6.21% dan Saluran II yaitu 7.45%.
Copyrights © 2025