Arus Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 5 No 1: April (2025)

Bimbingan pada Peserta Didik Gangguan Bahasa Sebagai Wujud Implementasi Pendidikan Inklusi di SD Negeri Batok Bali Kota Serang

Wina Ermawati (Unknown)
Sakilatun Nabila (Unknown)
Yulia Agustina (Unknown)
Sastra Wijaya (Unknown)
Fauzi Fadliansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2025

Abstract

Pendidikan di tingkat sekolah dasar memiliki peran krusial dalam perkembangan individu, terutama dalam konteks pendidikan inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kondisi fisik dan non-fisik dalam pelaksanaan program pendidikan inklusi di SDN Batok Bali, serta menganalisis efektivitas program tersebut. Metode yang digunakan meliputi pendekatan kualitatif dengan studi literatur, wawancara, dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak berkebutuhan khusus di SDN Batok Bali dapat meningkatkan kemampuan bicara meskipun  masih memerlukan terapi wicara, yang meliputi latihan pengucapan yang benar dan pengulangan kata secara lambat. Fasilitas yang mendukung pendidikan inklusi juga ditemukan berperan penting dalam proses pembelajaran. Pengulangan kata terbukti efektif dalam membantu anak mengingat dan menghafal, sehingga meningkatkan kemampuan berbahasa mereka. Temuan ini memberikan wawasan tentang pentingnya dukungan yang tepat dalam implementasi pendidikan inklusi, serta kontribusinya terhadap perkembangan anak berkebutuhan khusus.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ajsh

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Arus Jurnal Sosial dan Humaniora (AJSH) menerbitkan karya hasil penelitian dan kajian ilmiah pada ruang lingkup ilmu sosial dan ilmu humaniora diantaranya: antropologi, kajian bisnis, kajian komunikasi, tata kelola perusahaan, kriminologi, kajian lintas budaya, demografi, kajian ekonomi pembangunan, ...