Kajian penelitian ini menekankan pada eksplorasi persepsi guru terhadap penilaian Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dilakukan di SD Al Azhar Solo Baru. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data dengan menggunakan dokumentasi, angket dan wawancara guru bahasa Inggris. Analisis deskriptif dilakukan untuk menarik temuan penelitian yang menunjukkan bahwa guru menilai lembar kerja siswa. Data temuan menunjukkan bentuk teks LKS yang disajikan memiliki kriteria persentase paling tinggi (high) jika di rata-rata sudah di atas 70%, sedangkan tingkat batas minimum (49%). Sedangkan persepsi guru menganggap bahwa penilaian LKS berperan untuk mengevaluasi program pembelajaran siswa, proyek pembelajaran, dan mengukur sejauh mana kemampuan siswa selama pembelajaran. Sebagian guru menganggap penilaian LKS ini ditinjau dari sejauh mana kemampuan siswa dan perlunya keterlibatan orang tua dalam mengoptimalkan mereka belajar di rumah. Peran sekolah juga memberikan andil yang baik dan selaras, dimana pelaporan hasil evaluasi LKS merupakan sebuah urgensi yang diharapkan dapat memberikan dampak baik bagi mutu sekolah, khususnya keberhasilan kurikulum dalam mengatasi permasalahan pembelajaran. Kata Kunci : Persepsi Guru, LKS, Penilaian, Rancang Bangun LKS , Evaluasi Pembelajaran
Copyrights © 2024