Jurnal Hamka ilmu pendidikan islam
Vol. 4 No. 01 (2024): edisi july 2024

Strategi Komunikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Nizal Al Mulk (NAM) Islamic Boarding School Batam

ArifuddinJalil, (STIT Internasional Muhammadiyah Batam)



Article Info

Publish Date
16 May 2025

Abstract

Strategi komunikasi menjadi penting dalam berbagai aspek kehidupan, khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Sebab keberhasilan pembelajaran cukup signifikan ditentukan terhadap bagaimana menenentukan strategi pembelajaran itu sendiri. Pondok Pesantren (Ponpes) Nizam Al Mulk (NAM) Islamic Boarding School Nongsa, Batam termasuk salah satu Ponpes yang sangat serius dalam menyiapkan generasi islami yang memiliki kemampuan dan kecakapan dalam berbahasa asing, khususnya bahasa Arab.Dalam pembelajaran bahasa Arab, NAM Islamic Boarding School Nongsa, Batam menerapkan berbagai strategi komunukasi yang efektif. Di antaranya membangun kesadaran para santri pentingnya menguasai bahasa Arab sebagai bahasa internasional sebagai upaya menguasai ilmu pengetahuan. Olehnya itu, diterapkan berbagai strategi komunikasi guna memudahkan mempelajari bahasa arab, seperti strategi memiliki guru sebagai komunikator, strategi pengemasan pesan, serta strategi memilih model dan metode pembelajaran. Penulisan jurnal ilmiah ini, lebih melakukan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, serta dokumentasi di lingkungan Ponpes NAM Islamic Boarding School Nongsa Batam. Penelitian dilakukan guna menganalisis strategi pembelajaran bahasa Arab di Ponpes NAM Islamic Boarding School Nongsa, Batam. Selain itu, penelitian juga mampu memotret hambatan dalam pembelajaran bahasa Arab. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pembelajaran Bahasa Arab

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hamka

Publisher

Subject

Arts Humanities Neuroscience Social Sciences Other

Description

HAMKA Journal of Educational Sciences (E-ISSN 2829-8705) is a quality open access peer-reviewed research journal published by The STIT Internasional Muhammadiyah Batam Indonesia. The focus and scope of this journal are on Early Childhood Islamic Education, and Arabic Language Education. Jurnal Hamka ...