Jurnal Hamka ilmu pendidikan islam
Vol. 4 No. 01 (2024): edisi july 2024

STRATEGI KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS TIK PADAANAK USIA DINI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR

ArifuddinJalil, Arifuddin jalil (STIT Internasional Muhammadiyah Batam)



Article Info

Publish Date
16 May 2025

Abstract

Komunikasi efektif adalah impian semua insan, termasuk kalangan guru. Sebab hal tersebut sangat menentukankeberhasilan seorang pendidikdalam membimbing peserta didik. Olehnya itu, komunikasi efektif melalui pembelajaran berbasis teknologi informasi komunikasi (TIK) merupakanstrategi pembelajaran yang dapat disampaikan secara interaktif dan simulatif sehingga memungkinkan siswa dapat belajar secara aktif, kreatif, daninovatif. Tujuannya adalah menghasilkan pembelajaran yang menyenangkan, mengasyikkan yang mampu mencerdaskan anak didik. Apalagi kini telah berada pada era kebangkitan teknologi. Pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi tersebut seakan tidak lagi membatasi soal ruang dan waktu, termasuk usia. Kemajuan teknologi telah mendorong semua kalangan untuk selalu akrab dengan media berbasis TIK tersebut. Sejak dini, anak-anak sudah mulai akrab dengan fasilitas komunikasi yang bernama telepon genggam atau smartphone. Olehnya itu, dunia pendidikanpun terus berbenah dalam memberikan model pembelajaran yang efektif. Dalam berbagai jurnal ilmiah, sejumlah peneliti berlomba melakukan riset atas kemajuan teknologi tersebut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Pendekatan kualitatif dengan menelusuri sejumlah literatur jurnal ilmiah yang memaparkan penggunaan TIK sebagai media pembelajaran pada anak usia dini. Kata Kunci: Strategi, Komunikasi, Pembelajaran TIK

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hamka

Publisher

Subject

Arts Humanities Neuroscience Social Sciences Other

Description

HAMKA Journal of Educational Sciences (E-ISSN 2829-8705) is a quality open access peer-reviewed research journal published by The STIT Internasional Muhammadiyah Batam Indonesia. The focus and scope of this journal are on Early Childhood Islamic Education, and Arabic Language Education. Jurnal Hamka ...