Jurnal Hamka ilmu pendidikan islam
Vol. 4 No. 01 (2024): edisi july 2024

REKONSTRUKSI MODEL KOMUNIKASI PENDIDIKAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK SMA NAM IBS BATAM

Arifuddin jalil jalil (STIT Internasional Muhammadiyah Batam)



Article Info

Publish Date
16 May 2025

Abstract

Penelitian yang dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskreptif ini, mencoba merekontruksi atau mendesain ulang model-model komunikasi yang dilakukan di lingkungan SMA Nizam Al Mulk Islamic Boarding Scholl (NAM IBS) Batam. Peneliti mencoba memotret model-model komunikasi yang efektif dengan melakukan observasi atau pengamatan, penyebaran angket, maupun wawancara. Model komunikasi yang dimaksudkan adalah model komunikasi linier, interaksional dan transaksional. Penggunaan model komunikasi pendidikan yang tepat dapat berefek pada pembenahan kualitas pembelajaran, dan pembentukan karakter anak didikPemanfaatan model komunikasi dalam ikhtiar pembentukan karakter peserta didik jangan sampai dianggap sepele. Perilaku negatif anak didik, seperti tawuran, pergaulan bebas, mabuk-mabukan, budaya tidak sopan kepada guru, kekerasan hingga perilaku kriminal bisa saja terjadi karena perilaku komunikasi di lingkungan pendidikan yang kurang tepat. Interaksi sosial di lingkungan sekolah  memerlukan model komunikasi yang tepat sehingga mampu membangun interaksi kehidupan yang sehat. Praktek komunikasi yang memberikan kemudahan dalam pencapaian mutu dan kualitas pendidikan, serta pembentukan karakter peserta didik.Kata Kunci: Model Komunikasi, Komunikasi Pendidikan, Pembentukan Karakter

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hamka

Publisher

Subject

Arts Humanities Neuroscience Social Sciences Other

Description

HAMKA Journal of Educational Sciences (E-ISSN 2829-8705) is a quality open access peer-reviewed research journal published by The STIT Internasional Muhammadiyah Batam Indonesia. The focus and scope of this journal are on Early Childhood Islamic Education, and Arabic Language Education. Jurnal Hamka ...