Dalam lembaga pendidikan, keberadaan seorang kepala sekolah sebagai pemimpinsangat penting dan strategis. Ia berperan dan berfungsi sebagai pengatur danpengelola lembaga pendidikan supaya berjalan dengan baik dan efektif. Pengelolaan lembaga pendidikan yang baik dan berkualitas menjadi impiansemuamasyarakat, khususnya penggiat pendidikan itu sendiri. Kendati demikian, masihsaja yang abai memperhatikan keberadaan sosok yang dipercaya mengelolapendidikan tersebut. Tidak sedikit lembaga pendidikan dikelola oleh sosokyangbelum memenuhi kemampuan kepemimpinan yang mumpuni, termasukkemampuan manajerial. Tentu akibatnya bisa cukup fatal atas keberlangsunganlembaga pendidikan itu sendiri. Lembaga pendidikan dikelola dengan cara-caraamatiran, tidak profesional yang berujung pada hadirnya berbagai persoalandalampengembangan lembaga pendidikan tersebut. Artikel ini, mengulas implementasikepemimpinan dan manajemen dalam pengelolaan lembaga pendidikan. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan berbagai fakta bahwa masih rendahnyaperhatian terhadap sebagian pengelola lembaga pendidikan, yang menempatkanseorang kepala sekolah tanpa mempertimbangkan aspek kemampuan majerial, sertakarakter kepemimpinan itu sendiri. Konsep kepemimpinan pendidikan, yangseharusnya diterapkan pada lingkungan lembaga pendidikan justru masih lemah.
Copyrights © 2021