Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media canva untukpembelajaran Bahasa Arab di SMPIT Ulil Albab Batam. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dengan jenis penelitian bentuk analisis data dari hasil catatanselama penelitian.Lokasi penelitian ini di SMPIT Ulil Albab Batam. Informan penelitianini adalah guru Bahasa Arab Arab dan siswa siswi yang mengikuti proses belajar diSMPIT Ulil Albab. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan eksperimen, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasipengembangan media berbasis aplikasi Canva efektif untuk dapat digunakan dalamproses pembelajaran Bahasa Arab di SMPIT Ulil Albab. Dalam konteks pembelajaran, penggunaan aplikasi ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalamproses belajar- mengajar serta mempermudah pemahaman materi pelajaran. Studi ini menekankanpentingnya pemanfaatan platform media inovatif dalam pendidikan untuk meningkatkanketerlibatan dan pemahaman siswa. Kata Kunci : canva, Implimentasi,pembelajaran bahasa arab
Copyrights © 2021