Jurnal Hamka ilmu pendidikan islam
Vol. 1 No. 01 (2021): Edisi July 2021

Implementasi Aplikasi Canva Sebagai Media PembelajaranBahasaArab Di SMPIT Ulil Albab Batam

Abdul Rahman Syaputra Batubara (STIT Internasional Muhammadiyah Batam)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media canva untukpembelajaran Bahasa Arab di SMPIT Ulil Albab Batam. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dengan jenis penelitian bentuk analisis data dari hasil catatanselama penelitian.Lokasi penelitian ini di SMPIT Ulil Albab Batam. Informan penelitianini adalah guru Bahasa Arab Arab dan siswa siswi yang mengikuti proses belajar diSMPIT Ulil Albab. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan eksperimen, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasipengembangan media berbasis aplikasi Canva efektif untuk dapat digunakan dalamproses pembelajaran Bahasa Arab di SMPIT Ulil Albab. Dalam konteks pembelajaran, penggunaan aplikasi ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalamproses belajar- mengajar serta mempermudah pemahaman materi pelajaran. Studi ini menekankanpentingnya pemanfaatan platform media inovatif dalam pendidikan untuk meningkatkanketerlibatan dan pemahaman siswa. Kata Kunci : canva, Implimentasi,pembelajaran bahasa arab

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

hamka

Publisher

Subject

Arts Humanities Neuroscience Social Sciences Other

Description

HAMKA Journal of Educational Sciences (E-ISSN 2829-8705) is a quality open access peer-reviewed research journal published by The STIT Internasional Muhammadiyah Batam Indonesia. The focus and scope of this journal are on Early Childhood Islamic Education, and Arabic Language Education. Jurnal Hamka ...