Modifikasi perilaku adalah salah satu teknik dalam mengubah perilaku seseorang. Modifikasi perilaku sering digunakan dalam proses pendidikan untuk mengubah perilakusiswamenjadi lebih baik. Perilaku siswa yang tampak pada pembelajaran bahasa Inggris memberipengaruh terhadap hasil belajar diantaranya kurangnya perhatian saat guru menjelaskanpelajaran, malu berbicara di depan kelas, dan tidak menyelesaikan tugas yang diberikan. Olehkarena itu studi ini bertujuan untuk mengubah perilaku belajar peserta didik dalamkegiatanbelajar bahasa Inggris melalui pendekatan pendekatan Culturally Responisve Teaching. Culturally Responisve Teaching adalah pendekatan pembelajaran yang menggunakan kontekssosial budaya siswa pada pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metodeDidactical Design Research (DDR) di salah satu Sekolah Dasar yang ada di Kota Medan. Subjek penelitian ini terdiri dari 28 siswa yang berasal dari kelas 5. Teknik pengumpulandatamenggunakan analisis kebutuhan, expert judgement, wawancara, dan pengamatan. Hasilpenelitian mengungkapkan bahwa desain didaktis atas modifikasi perilaku berbasis CulturallyResponsive Teaching yang dilakukan dapat mengubah perilaku belajar siswa diantaranyameningkatnya partisipasi dan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: modifikasi perilaku; culturally responsive teaching; didactical design research (DDR).
Copyrights © 2021