Jurnal Hamka ilmu pendidikan islam
Vol. 1 No. 01 (2021): Edisi July 2021

Analisis Model Pembelajaran untuk Tunarungu

gesta lestari Fatmawati, Kartikaning,Luthfianada,Astrit Mustika,Wahyu Nasution (STIT Internasional Muhammadiyah Batam)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh data observasi di Sekolah Luar Biasa BRILIANT Batamyangmenunjukkan analisis model pembelajaran tunarungu yakni anak dengan hambatan pendengarannyasehingga menghambat proses informasi bahasa melalui pendengarannya, sehingga membutuhkanmedia yag digunakan dalam pembelajaran disekolah diantaranya adalah belajar bahasa isyarat ataukomunikasi melalui gerakan dan membaca melalui gerak bibir yang digabung atau dikenal denganistilah cued speech. Pendidikan yang dilaksanakan untuk anak tunarungu mengalami kesulitandalamproses belajar karena kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, sosial, atau kecerdasan danbakatyang luar biasa mereka sendiri. Untuk merespons hal tersebut maka peneliti melakukan tindakanlapangan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang model pembelajaran apa yangdigunakan bagi anak tunarungu di SLB Briliant Batam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modelpembelajaran yang dilaksanakan di SLB Briliant adalah Metode demonstrasi sebagai pendekatanvisual. Dengan metode demonstrasi ini dapat membantu anak tunarungu/ anak dengan gangguanpendengaran bisa maksimal dalam proses belajar. Kata kunci: Tunarungu, Model pembelajaran, Sekolah Luar Biasa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

hamka

Publisher

Subject

Arts Humanities Neuroscience Social Sciences Other

Description

HAMKA Journal of Educational Sciences (E-ISSN 2829-8705) is a quality open access peer-reviewed research journal published by The STIT Internasional Muhammadiyah Batam Indonesia. The focus and scope of this journal are on Early Childhood Islamic Education, and Arabic Language Education. Jurnal Hamka ...