Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas, proses dan hasil peningkatan keterampilanberbicara bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan multimedia interaktif. Jenispenelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IXSalafiyahWustha Pondok Pesantren Utsman Bin Affan Batam dengan jumlah siswa 25 orang. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar angket dan observasi. Penelitian ini dilakukan3kali pertemuan. Hasil penelitian dari data tes I pada pertemuan II diperoleh nilai rata-rata siswyaitu77.16% dan pada tes II pada pertemuan III nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 80.96%. Hal inimenunjukkan bahwa Sangat efektif multimedia interaktif dapat meningkatkan keterampilan berbicarabahasa Arab siswa kelas IX Salafiyah Wushta Pondok Pesantren Utsman Bin Affan Batamdenganpersentase peningkatan sebesar 3.8%. KataKunci: Multimedia Interaktif,Keterampilan Berbicara, Bahasa Arab
Copyrights © 2021