Jurnal Hamka ilmu pendidikan islam
Vol. 1 No. 02 (2021): Edisi Desember 2021

Pengaruh kompotensi guru bahasa arab terhadap hasil belajar bahasaarabDi SMPIT Ulil Albab

Abdul Rahman Syaputra Batubara Ikromah Mulia, Leonisya Yunanda Syaifullah, Nurul Mardiati Winingsih (STIT Internasional Muhammadiyah Batam)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas, proses dan hasil peningkatan keterampilanberbicara bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan multimedia interaktif. Jenispenelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IXSalafiyahWustha Pondok Pesantren Utsman Bin Affan Batam dengan jumlah siswa 25 orang. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar angket dan observasi. Penelitian ini dilakukan3kali pertemuan. Hasil penelitian dari data tes I pada pertemuan II diperoleh nilai rata-rata siswyaitu77.16% dan pada tes II pada pertemuan III nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 80.96%. Hal inimenunjukkan bahwa Sangat efektif multimedia interaktif dapat meningkatkan keterampilan berbicarabahasa Arab siswa kelas IX Salafiyah Wushta Pondok Pesantren Utsman Bin Affan Batamdenganpersentase peningkatan sebesar 3.8%. KataKunci: Multimedia Interaktif,Keterampilan Berbicara, Bahasa Arab

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

hamka

Publisher

Subject

Arts Humanities Neuroscience Social Sciences Other

Description

HAMKA Journal of Educational Sciences (E-ISSN 2829-8705) is a quality open access peer-reviewed research journal published by The STIT Internasional Muhammadiyah Batam Indonesia. The focus and scope of this journal are on Early Childhood Islamic Education, and Arabic Language Education. Jurnal Hamka ...