Jurnal Hamka ilmu pendidikan islam
Vol. 1 No. 02 (2021): Edisi Desember 2021

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Ict Terhadap HasilBelajar Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini IainPekalongan

Dini Anggraeni Khamim Zarkasih Putro (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Media pembelajaran berbasis ICT sangat dibutuhkan dalam pembelajaran untukmemperlancar proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahuipengaruh penggunaan media ICT terhadap hasil belajar mahasiswa PIAUD IAINPekalongan. Metode penelitian yang digunakan adalah Experiment one group pre test andpost test dengan pengolahan data melalui aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa mahasiswa yang mendapat perlakuan menggunakan alat bantu belajar ICTmemiliki nilai rata-rata (post-test) 64,25. Sedangkan hasil sebelum dengan perlakuanmenggunakan media ICT hanya memperoleh nilai rata-rata (pretest) sebesar 44,00, sehinggaterdapat perbedaan nilai rata-rata sebesar 20,25. Hasil uji hipotesis dari hasil uji t dapatdiketahui bahwa thitung thitung 26.697 > ttabel 2.002, hal ini menunjukkan bahwa hipotesisyang diajukan diterima sehingga dapat disimpulkan Terdapat pengaruh penggunaan mediaICT terhadap hasil belajar mahasiswa PIAUD IAIN Pekalongan, dengan besar pengaruhsebesar 46%. Kata kunci: Media Pembelajaran ICT; Hasil Belajar; Mahasiswa PIAUD

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

hamka

Publisher

Subject

Arts Humanities Neuroscience Social Sciences Other

Description

HAMKA Journal of Educational Sciences (E-ISSN 2829-8705) is a quality open access peer-reviewed research journal published by The STIT Internasional Muhammadiyah Batam Indonesia. The focus and scope of this journal are on Early Childhood Islamic Education, and Arabic Language Education. Jurnal Hamka ...