Hasil pelaksanaan pembelajaran yang kurang memuaskan diantaranya disebabkan oleh kurangbaiknya tingkat kompetensi pemahaman dan kompetensi komunikasi matematis dikarenakan cara edukasiyang terlalu berfokus pada guru. Penelitian ini memiliki sasaran untuk menaikkan kompetensi matematikayakni pemahaman dan komunikasi matematis melalui model TPS berbasis Bahasa Arab memakai aplikasiAutograph. Metode Penelitian Tindakan Kelas ini memakai tahapan berdasarkan Kurt Lewin. Hasilpenelitian menunjukkan kompetensi pemahaman pada siklus II sebanyak 13 siswa (32,5%) atas kategorisangat baik, sejumlah 21 siswa (52,5%) dengan kategori baik, kemudian cukup sebesar 15%(6Siswa)dan tidak terdapat siswa kategori kurang serta secara klasikal minimal baik sebanyak 34 siswa (85%) dandibawah baik 6 siswa (15%). Sedangkan kompetensi komunikasi matematis di siklus ke-II menunjukkanbahwa 10 siswa (25%) pada kategori sangat baik, sejumlah 24 siswa (60%) memiliki kategori baik, kemudian sebesar 15% (6 siswa) kategori cukup dan tidak terdapat siswa kategori kurang kemudiandapatdisimpulkan bahwa secara klasikal dengan kategori minimal baik sejumlah 34 siswa (85%), dibawahkategori baik adalah 6 siswa (15%). Kata Kunci: Pemahaman; Komunikasi Matematis; Model Think Pair Share; Autograph; Bahasa Arab
Copyrights © 2022