Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang guru dalam mengajar bahasa Arab.Diantaranyaadalah adanya upaya yang sangat besar, kreativitas, media pengajaran, serta menggunakan pendekatan, metode, dan strategi pembelajaran yang berhubungan dengan pengajaran bahasa. Di beberapa sekolah, pembelajaran bahasa Arab sudah diajarkan sejak mereka duduk di sekolah dasar. Salah satu sekolahyangmengajarkan mata pelajaran bahasa Arab di tingkat sekolah dasar adalah MAN I Rokan Hulu. Sekolahini merupakan salah satu sekolah yang menjadikan mata pelajaran bahasa Arab sebagai mata pelajaranpokok..Berdasarkan uraian diatas, penulis telah melakukan observasi mengenai pembelajaranyangdilakukan di kelas MAN I Rokan Hulu. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasidan wawancara. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil yaitu,Rendahnya aktivitas belajar siswadisebabkan karena kurangnya motivasi belajar siswa,Guru bukan merupakan lulusan bahasa Arab, sehinggakurang menguasai metode, strategi, dan evaluasi yang tepat dalam pembelajaran bahasa Arab, Gurutidaktepat waktu ketika memulai pelajaran, sehingga materi yang disampaikan belum semuanya selesai Metodeyang digunakan guru kurang variatif dan terkesan membosankan karena menggunakan metode ceramahdantanya jawab, Media yang digunakan kurang menarik dan variatif sehingga siswa tidak antusias dalammengikuti pelajaran, Sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah kurang memadai.Dari hasilpenelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses belajar mengajar di MAN I Rokan Hulu sudah berjalanbaik. Akan tetapi guru harus bisa memanfaatkan dan memilih metode dan strategi yang cocok digunakanuntukterwujud nya pembelajaran bahasa Arab yang efektif dan menyenangkan. Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Guru, MAN I Rokan Hulu,Siswa
Copyrights © 2022