Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kedisiplinan belajar siswa. Faktorkedisiplinan belajar siswa antara lain: Faktor internal adalah faktor yang adadalam dirinya sendiri antara lain meliputi kesadaran diri, motivasi belajar, dantidak mampu menyesuaikan diri dalam belajar. Sedangkan faktor eksternal adalahfaktor dari luar yang meliputi faktor keluarga, lingkungan sekolah, teman sebayadan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus yangdilakukan dengan cara mendeskripsikan atau memaparkan fakta-fakta atau data- data yang diperoleh dari sumber data. Data-data tersebut bersifat kualitatif karenatidak berupa angka, tetapi berupa kalimat-kalimat atau pernyataan-pernyataanyang berasal dari hasil metode observasi dan wawancara. Data-data tersebutselanjutnya dianalisis atau diuraikan untuk menemukan faktor kedisiplinanbelajar siswa siswa. Berdasarkan data yang diperoleh dari subjek penelitian, menunjukan bahwa faktor kedisiplinan belajar siswa ada dua yaitu faktorintrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik yaitu faktor yang berasal daridirinya sendiri yaitu siswa yang malas, malas untuk belajar, tidak pernahmengerjakan PR atau tugas, malas untuk mencatat dan membaca bukupelajaran,kurangnya kesadaran untuk belajar, belum terbiasa dengan disiplinbelajar. Kedua adalah faktor ekstrinsik merupakan faktor yang berasal dari luarindividu berupa lingkungan keluarga, orangtua yang tidak pernah memberikanperhatian dan kasih sayang terhadap anak mengakibatkan anak menjadi tidakdisiplin belajar, selain itu pendidikan orang tua juga mempengaruhi kedisiplinanbelajar siswa, faktor lain adalah dari guru, guru yang galak dan cara mengajaryang membosankan menyebabkan siswa malas belajar, dan faktor terakhir yangmengakibatkan siswa tidak disiplin belajar karena faktor lingkungan sepertiteman bergaul di rumah dan lingkungan sekolah. Kata-kata kunci : Kedisiplinan Belajar, Siswa, Studi Kasus
Copyrights © 2022