Kajian ini menguraikan beberapa faktor yang mempenaruhi pemerolehanbahasa kedua (SLA). Hal tersebut perlu diselidiki bagaimana dampaknyaterhadap pedagogis atau kemampuan prakek pembelajaran. Di sampingitu, banyak peneliti SLA yang mendiskusikan perihal ini dan membawapartisipan ke dalam penelitian mereka. Rancangan penulisan penelitianinimenggunakan deskriptif kualitatif dengan mengacu pada jenis penelitiankepustakaan, mengkaji beberapa jurnal tentang pemerolehan bahasa. Hasilpenelitian menunjukkan implikasi pedagogi memerlukan landasanutamayang berpijak pada kemampuan pembelajaran bahasa yang efektif di kelas. Pentingnya pemahaman pemerolehan bahasa kedua dilihat dari beberapafaktor, antara lain faktor kendala usia, faktor lingkungan bahasa, faktormetodologi pengajaran, dan faktor motivasi peserta didik. Faktor-faktortersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi paraguru, khususnya untuk kembali menerapkan pembelajaran bahasa keduadenganmemperhatikan faktor tersebut agar lebih ideal diterapkan di kelas. Kata Kunci : Pembelajaran Pemerolehan bahasa kedua, Implikasipedagogi, Faktor pembelajaran.
Copyrights © 2022