Jurnal Hamka ilmu pendidikan islam
Vol. 2 No. 01 (2022): Edisi July 2022

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi PerkembanganPemerolehan Bahasa dalam Implikasi Pedagogis

andri pratama andri pratama (STIT Internasional Muhammadiyah Batam)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Kajian ini menguraikan beberapa faktor yang mempenaruhi pemerolehanbahasa kedua (SLA). Hal tersebut perlu diselidiki bagaimana dampaknyaterhadap pedagogis atau kemampuan prakek pembelajaran. Di sampingitu, banyak peneliti SLA yang mendiskusikan perihal ini dan membawapartisipan ke dalam penelitian mereka. Rancangan penulisan penelitianinimenggunakan deskriptif kualitatif dengan mengacu pada jenis penelitiankepustakaan, mengkaji beberapa jurnal tentang pemerolehan bahasa. Hasilpenelitian menunjukkan implikasi pedagogi memerlukan landasanutamayang berpijak pada kemampuan pembelajaran bahasa yang efektif di kelas. Pentingnya pemahaman pemerolehan bahasa kedua dilihat dari beberapafaktor, antara lain faktor kendala usia, faktor lingkungan bahasa, faktormetodologi pengajaran, dan faktor motivasi peserta didik. Faktor-faktortersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi paraguru, khususnya untuk kembali menerapkan pembelajaran bahasa keduadenganmemperhatikan faktor tersebut agar lebih ideal diterapkan di kelas. Kata Kunci : Pembelajaran Pemerolehan bahasa kedua, Implikasipedagogi, Faktor pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hamka

Publisher

Subject

Arts Humanities Neuroscience Social Sciences Other

Description

HAMKA Journal of Educational Sciences (E-ISSN 2829-8705) is a quality open access peer-reviewed research journal published by The STIT Internasional Muhammadiyah Batam Indonesia. The focus and scope of this journal are on Early Childhood Islamic Education, and Arabic Language Education. Jurnal Hamka ...