Jurnal Hamka ilmu pendidikan islam
Vol. 2 No. 02 (2022): Edisi Desember 2022

Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada PembelajaranBahasaArab VIII AKelas DI SMP MASHITA Batam

Agustar Ikromah Mulia, Leonisya Yunanda S, Nurul Mardiati W (STIT Internasional Muhammadiyah Batam)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Pandemi Covid membuat Lembaga Pendidikan di Indonesia melakukan Pembelajaran Luring menjadidaring salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran yaitu aplikasi wordwall. Tujuanpenelitian yang ingin di capai dalam penulisan ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A(2 SMP) di SMP Mashita Batam, dengan menggunakan aplikasi wordwall pada mata pelajaranBahasa Arab. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif yaituserangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh data yang bersifat apa adanya sesuai denganfakta yang terjadi dilapangan. Tahapan pengambilan data adalah observasi dan wawancara. Hasilpenelitian media pembelajaran wordwall merupakan salah satu media interaktif yang mudahuntukdigunakan, serta dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran BahasaArab Kelas VIII A di SMP Mashita Batam. Media wordmall Selain penggunaan yang mudahdanmurah, media ini juga memiliki banyak alternatif pilihan dalam menyajikan materi dan soal. Sehinggapara pendidik dapat menggunakan pilihan alternatif lainnya sebagai variasi lain dalammengemasmateri pelajaran yang lain. Media yang menyenangkan dan bervariasi akan membuat siswa lebihaktifdan lebih termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran daring. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Literasi Baca Tulis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hamka

Publisher

Subject

Arts Humanities Neuroscience Social Sciences Other

Description

HAMKA Journal of Educational Sciences (E-ISSN 2829-8705) is a quality open access peer-reviewed research journal published by The STIT Internasional Muhammadiyah Batam Indonesia. The focus and scope of this journal are on Early Childhood Islamic Education, and Arabic Language Education. Jurnal Hamka ...