Kajian penelitian ini menekankan pada eksplorasi persepsi guru terhadappenilaian Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dilakukan di SD Al Azhar SoloBaru. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data denganmenggunakan dokumentasi, angket dan wawancara guru bahasa Inggris. Analisis deskriptif dilakukan untuk menarik temuan penelitianyangmenunjukkan bahwa guru menilai lembar kerja siswa. Data temuanmenunjukkan bentuk teks LKS yang disajikan memiliki kriteria persentasepaling tinggi (high) jika di rata-rata sudah di atas 70%, sedangkantingkatbatas minimum (49%). Sedangkan persepsi guru menganggapbahwapenilaian LKS berperan untuk mengevaluasi program pembelajaransiswa, proyek pembelajaran, dan mengukur sejauh mana kemampuansiswaselama pembelajaran. Sebagian guru menganggap penilaian LKSini ditinjaudari sejauh mana kemampuan siswa dan perlunya keterlibatan orangtuadalam mengoptimalkan mereka belajar di rumah. Peran sekolahjugamemberikan andil yang baik dan selaras, dimana pelaporan hasil evaluasiLKS merupakan sebuah urgensi yang diharapkan dapat memberikandampak baik bagi mutu sekolah, khususnya keberhasilan kurikulumdalammengatasi permasalahan pembelajaran. Kata Kunci : Persepsi Guru, LKS, Penilaian, Rancang Bangun LKS, Evaluasi Pembelajaran
Copyrights © 2022