Jurnal Hamka ilmu pendidikan islam
Vol. 2 No. 02 (2022): Edisi Desember 2022

Investigasi Persepsi Guru Terhadap Penilaian Lembar KerjaSiswa di SD Al-Azhar 28Solo Baru

Ahmad Imam Muzaqi Muzaqi (STIT Internasional Muhammadiyah Batam)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Kajian penelitian ini menekankan pada eksplorasi persepsi guru terhadappenilaian Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dilakukan di SD Al Azhar SoloBaru. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data denganmenggunakan dokumentasi, angket dan wawancara guru bahasa Inggris. Analisis deskriptif dilakukan untuk menarik temuan penelitianyangmenunjukkan bahwa guru menilai lembar kerja siswa. Data temuanmenunjukkan bentuk teks LKS yang disajikan memiliki kriteria persentasepaling tinggi (high) jika di rata-rata sudah di atas 70%, sedangkantingkatbatas minimum (49%). Sedangkan persepsi guru menganggapbahwapenilaian LKS berperan untuk mengevaluasi program pembelajaransiswa, proyek pembelajaran, dan mengukur sejauh mana kemampuansiswaselama pembelajaran. Sebagian guru menganggap penilaian LKSini ditinjaudari sejauh mana kemampuan siswa dan perlunya keterlibatan orangtuadalam mengoptimalkan mereka belajar di rumah. Peran sekolahjugamemberikan andil yang baik dan selaras, dimana pelaporan hasil evaluasiLKS merupakan sebuah urgensi yang diharapkan dapat memberikandampak baik bagi mutu sekolah, khususnya keberhasilan kurikulumdalammengatasi permasalahan pembelajaran. Kata Kunci : Persepsi Guru, LKS, Penilaian, Rancang Bangun LKS, Evaluasi Pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hamka

Publisher

Subject

Arts Humanities Neuroscience Social Sciences Other

Description

HAMKA Journal of Educational Sciences (E-ISSN 2829-8705) is a quality open access peer-reviewed research journal published by The STIT Internasional Muhammadiyah Batam Indonesia. The focus and scope of this journal are on Early Childhood Islamic Education, and Arabic Language Education. Jurnal Hamka ...