Pembelajaran daring menyisakan permasalahan yang membuat semangat belajar siswamenurun. Memberikan dorongan dan motif kepada siswa diharapkan mampu menyesuaikandiri meskipun situasi sulit untuk diajak kompromi. Hal inilah yang terjadi pada salahsatusiswa SMP Muhammadiyah1 Batam yang merasa selama pembelajaran daringprestasibelajarnya meningkat dan motivasi belajar menjadi salah satu faktor yang mempengaruhikeberhasilan yang diperoleh. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatankualitatif yang berupaya menggali motif subjek dalam meningkatkan hasil belajar khususnyapada pembelajaran daring. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakanteknikwawancara langsung kepada subjek dan orang tua serta kuesioner melalui google formkepadaguru dan teman subjek yang berjumlah masing-masing dua orang. Selanjutnya pengolahandata dilakukan dengan menganalisis permasalahan siswa, kemudian mencari informasi darisumber atau orang terdekat subjek dan terakhir menemukan motif subjek dalammeningkatkanprestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian motivasi belajar dapatmeningkatkan hasil belajar subjek, hal ini dibuktikan dengan subjek berhasil menjadi siswaberprestasi di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali motivasi belajar matapelajaran dan mengetahui peran orang tua, guru dan teman dalammemberikanmotivasibelajar. Dengan adanya penelitian ini dapat memberikan masukan kepada siswa, gurudanorang tua bahwa motivasi belajar sangat perlu ditumbuhkan agar tujuan yang diinginkandapattercapai. Kata Kunci: semangat belajar; motivasi belajar; pembelajaran online.
Copyrights © 2022