Jurnal Hamka ilmu pendidikan islam
Vol. 2 No. 02 (2022): Edisi Desember 2022

PENERAPAN METODE BERCERITA SEBAGAIPENGENALAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAKUSIA5- 6 TAHUN

Wardah Anggraini Anggraini (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus)
Titin Kartinah Kartinah (SLB MAZAYA Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
02 May 2025

Abstract

Storytelling berasal dari dua kata yaitu, Story yang artinya cerita dan Telling yang artinyapenceritaan atau memberitahukan, penggunaan storytelling dapat dibantu menggunakan media. Media yang peneliti gunakan adalah media visual berupa gambar. Penelitian ini bertujuanuntukmengenalkan bahasa inggris terhadap anak dengan metode storytelling berbantu media gambar diTK Purnama Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan Penelitian TindakanKelasyang dilaksanakan dalam dua siklus dengan jumlah peserta didik 22 anak.Teknik pengumpulandataberupa teknik observasi sebagai teknik pokok, teknik dokumentasi atau video sebagai penunjangdalam penelitian serta teknik wawancara untuk mengetahui sebelumnya sejauh mana pengenalanbahasa inggris anak di TK Purnama Sukarame Bandar Lampung. Dengan melaksanakanPTKsebanyak dua siklus, dalam setiap siklus peneliti melaksanakan empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hal tersebut, maka dalam penelitian diperolehpengenalan bahasa inggris mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode Storytellingberbantu media gambar, setiap siklus mengalami peningkatan, siklus I penilaian terdapat: BSBsebanyak 8 orang atau setara (36) BSH sebanyak 7 orang atau setara (32%), MB sebanyak 2orangatau setara (9%), BB sebanyak 5 orang atau setara (23%), Siklus II Penilaian terdapat: BSBsebanyak 17 orang atau setara (77%), BSH sebanyak 3 orang atau setara (14%), MBsebanyak2orang atau setara (14%), BB sebanyak 0 orang atau setara (0%). Dengan demekian, metodestorytelling berbantu media gambar dapat meningkatkan bahasa inggri anak. Kata Kunci : Pengenalan Bahasa Inggris, Storytelling

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hamka

Publisher

Subject

Arts Humanities Neuroscience Social Sciences Other

Description

HAMKA Journal of Educational Sciences (E-ISSN 2829-8705) is a quality open access peer-reviewed research journal published by The STIT Internasional Muhammadiyah Batam Indonesia. The focus and scope of this journal are on Early Childhood Islamic Education, and Arabic Language Education. Jurnal Hamka ...