Jurnal Hamka ilmu pendidikan islam
Vol. 3 No. 02 (2023): Edisi Desember 2023

TINDAK TUTUR DAN STRATEGI KOMUNIKASI PADA ANAK USIA 3-5TAHUN

Agustar ahmad imam muzaqi (STIT Internasional Muhammadiyah Batam)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Dalam menuturkan sesuatu, pembicara menunjukkan sebuah tindakan. Tindakantersebut dapat mempermudah si pembicara untuk membuat pendengar mengetahui apamaksud ataupun keinginan si pembicara. Hal ini disebut sebagai tindak tutur. Tindaktutur juga dapat ditemui pada tuturan anak usia 3-5 tahun. Dalammenyampaikantuturan, seseorang secara tidak sadar menghasilkan strategi tertentu agar keinginannyayang disampaikan lewat tuturan dapat terwujud. Kajian ini bermaksud menjelaskanbentuk-bentuk tindak ilokusi yang terdapat dalam tindak tutur anak usia 3-5 tahundanmengetahui strategi tutur yang ada dalam tuturan anak tersebut. Pengumpulandatadilakukan baik dalam bentuk berpartisipasi (simak libat cakap) ataupun hanyamenyimak (simak bebas libat cakap) percakapan si anak tersebut. Kemudian, dalammenganalisis data, penelitian ini menggunakan metode padan pragmatik untukmenjelaskan bentuk-bentuk tindak tutur dan strategi komunikasi dalamtuturananakusia 3-5 tahun. Hasil penelitian menujukkan bahwa bentuk tindak ilokusi yangdigunakan anak usia 3-5 tahun tersebut itu yaitu, direktif, komisif, asertif, dan ekspresif. Direktif adalah yang paling sering dihasilkan oleh anak usia tersebut. Sedangkan strategikomunikasi yang sering digunakan oleh anak-anak tersebut yaitu tuturan secaralangsung. Kata Kunci : Tindak tutur, Strategi Komunikasi, Tuturan anak

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

hamka

Publisher

Subject

Arts Humanities Neuroscience Social Sciences Other

Description

HAMKA Journal of Educational Sciences (E-ISSN 2829-8705) is a quality open access peer-reviewed research journal published by The STIT Internasional Muhammadiyah Batam Indonesia. The focus and scope of this journal are on Early Childhood Islamic Education, and Arabic Language Education. Jurnal Hamka ...