Dalam menuturkan sesuatu, pembicara menunjukkan sebuah tindakan. Tindakantersebut dapat mempermudah si pembicara untuk membuat pendengar mengetahui apamaksud ataupun keinginan si pembicara. Hal ini disebut sebagai tindak tutur. Tindaktutur juga dapat ditemui pada tuturan anak usia 3-5 tahun. Dalammenyampaikantuturan, seseorang secara tidak sadar menghasilkan strategi tertentu agar keinginannyayang disampaikan lewat tuturan dapat terwujud. Kajian ini bermaksud menjelaskanbentuk-bentuk tindak ilokusi yang terdapat dalam tindak tutur anak usia 3-5 tahundanmengetahui strategi tutur yang ada dalam tuturan anak tersebut. Pengumpulandatadilakukan baik dalam bentuk berpartisipasi (simak libat cakap) ataupun hanyamenyimak (simak bebas libat cakap) percakapan si anak tersebut. Kemudian, dalammenganalisis data, penelitian ini menggunakan metode padan pragmatik untukmenjelaskan bentuk-bentuk tindak tutur dan strategi komunikasi dalamtuturananakusia 3-5 tahun. Hasil penelitian menujukkan bahwa bentuk tindak ilokusi yangdigunakan anak usia 3-5 tahun tersebut itu yaitu, direktif, komisif, asertif, dan ekspresif. Direktif adalah yang paling sering dihasilkan oleh anak usia tersebut. Sedangkan strategikomunikasi yang sering digunakan oleh anak-anak tersebut yaitu tuturan secaralangsung. Kata Kunci : Tindak tutur, Strategi Komunikasi, Tuturan anak
Copyrights © 2023