Guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Mengingat pentingnya profesi guru dalam bidang Pendidikan, diharapkan guru mendapatkan sertifikat pendidik yang akan meningkatkan kemampuan guru itu sendiri dan juga anak didiknya kelak. Pada Implementasi Program Sertifikasi guru PAI dalam binaan Kementerian Agama Kota Palembang,model Implementasi yang penulis gunakan yaitu Imlementasi Van Meter dan Van Horn (dalam Tachjan.1975:39-40) yang disebut sebagai A Model of the Policy Implementation Process. Model ini menjelaskan bahwa kinerja kebijakan dipengaruhi oleh beberapa variabel bebas yang saling berkaitan, variabel-variabel tersebut yaitu: (1) Standar dan sasaran kebijakan; (2) Sumberdaya (3) Karakteristik Organisasi (4) Komunikasi antar organisasi terkait dan kegiatan-kegiatan pelaksana (5) Sikap pelaksana (6) Lingkungan social, ekonomi dan politik. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu Implementasi Program Sertifikasi Guru PAI di Kota Palembang sudah cukup baik, dari segi standar dan sasaran kebijakan, karakteristik organisasi, komunikasi juga sudah cukup baik, hingga sikap para pelaksana sudah baik, namun yang masih perlu diperbaiki yaitu sumberdaya (dana) dan lingkungan yang mempengaruhi program sertifikasi guru PAI di Kota Palembang.
Copyrights © 2023